Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BIROKRASI » ‪ PT. Sentra dan Pekerja Bersepakat Selesaikan Persoalan Karyawan

‪ PT. Sentra dan Pekerja Bersepakat Selesaikan Persoalan Karyawan

(481 Views) Februari 24, 2016 12:29 pm | Published by | No comment

MEDAN-Terkait persoalan ketenagakerjaan yang dialami puluhan pekerja pelayanan teknik (Yantek) PT. Sumber Energi Sumatera (PT. Sentra) pada kantor PLN Rayon Sibuhuan, Kabupaten Palas, akhirnya berbuah kesepakatan penyelesaian, lewat perundingan bipartit kedua pihak, bertempat di kantor pusat perusahaan swasta itu, pada Selasa (23/2) di Medan.

Tuntutan dari para pekerja yang tergabung dalam Pimpinan Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK FSPMI) Sibuhuan, Kabupaten Palas, disampaikan oleh Sekretaris DPW FSPMI Sumut, Willy Agus Utomo, yang mendampingi enam orang perwakilan para pekerja saat menggelar pertemuan dengan direksi PT. Sentra telah direalisasikan perusahaan

“Alhamdulilah, hasil perundingan terkait tuntutan para pekerja PT. Sentra di sibuhuan telah selesai dengan hasil yang baik. Dari pertemuan tadi, baru diketahui bahwa persoalan sebenarnya terjadi, akibat adanya kesalah pahaman antar pihak direksi dan managemen dengan para pekerja PT. Sentra di sibuhuan,” kata Willy.

“Ternyata ada miss komunikasi antara kedua belah pihak, contohnya soal penandatanganan kontrak bagi pekerja, sebenarnya bukan kontrak tapi surat pengangkatan jadi karyawan tetap PT. Sentra dengan tidak menghilangkan masa kerja dari awal pekerja masuk bekerja,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, persoalan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) para pekerja, pihak direksi PT. Sentra akan membayarkan dana pensangon tersebut sesuai ketentuan UU ketenagakerjaan yang berlaku. Terkait soal upah bulan januari yang belum dibayarkan, disepakati juga akan segera dibayarkan pihak managemen usai pertemuan itu. Keterlambatan pembayaran upah tersebut, dijelaskan managemen bukan disengaja tetapi kerena ada kendala teknis di keuangan perusahaan.

“Intinya, semua poin tuntutan sudah dituangkan dalam persetujuan bersama yang ditandatangani pekerja dan direktur utama PT. Sentra, sehingga persoalan anggota FSPMI di sibuhuan sudah selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT.Sentra, Hendra Atmaja, didampingi Direktur SDM, Keuangan dan Umum, Idris Sigalingging, Manager PT. Sentra Area Padang Sidempuan didampingi Supervisornya Yunus menyatakan, pihaknya menyambut baik pertemuan ini. Hendra juga berharap ke depannya segala persoalan yang terjadi dapat diselesaikan dengan komunikasi dan musyawarah mufakat

“Sebenarnya, ini terjadi akibat kesalah pahaman antara kita dan pekerja dari daerah. Kita memaklumi hal itu dan rasa ketakutan dari pekerja. Nah, setelah pertemuan hari ini, semua kesalah pahaman itu kita kupas dan semua persoalan sudah tuntaskan semuanya. Hasil pertemuan hari ini juga dituangkan dalam persetujuan bersama, yang dipegang masing-masing pihak,” ucapnya.

Disampaikannnya, pihaknya tidak ada maksud melarang para pekerjanya berserikat, karena itu merupakan hak pekerja dan sudah diatur sesuai undang-undang. Ia juga berharap, ke depan akan terjalin hubungan yang baik lagi dan para pekerja dapat meningkatkan produktifitas kerjanya.

“Saya hanya mengingatkan para pekerja, bahwa perusahaan juga punya peraturan, jadi jangan karena berserikat, pekerja jadi sesuka hatinya, mohon kerjasama yang baik lah,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua PUK-FSPMI Sibuhuan, Kabupaten Palas, Sudarno didampingi Sekretaris Ahmad Ilman dan sejumlah pekerja menyatakan, karena pertemuan bipartit sudah tercapai kesimpulannya dan tuntutan pekerja sebagian sudah dikabulkan pihak perusahaan, maka rencana aksi mogok kerja akan ditunda.

“Pertemuan bipartit sudah kita lakukan, hasilnya sudah tertuang dalam persetujuan bersama. Maka, untuk rencana aksi mogok kerja kita tunda dulu. Direncanakan, besok kita akan kordinasi dengan Dinsosnaketrans Palas dan pihak Polres Tapsel, terkait penundaan aksi mogok kerja tersebut,” katanya. (Maulana Syafii)

Categorised in:

No comment for ‪ PT. Sentra dan Pekerja Bersepakat Selesaikan Persoalan Karyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *